Pencarian
Latest topics
User Yang Sedang Online
Total 3 uses online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 3 Tamu Tidak ada
User online terbanyak adalah 26 pada Mon 03 Aug 2009, 12:46
Keywords
Sepekan, Sepeda Motor Renggut 4 Nyawa
5 posters
Halaman 1 dari 1
Sepekan, Sepeda Motor Renggut 4 Nyawa
Mengerikan! Sepanjang 1-10 Januari 2009, empat nyawa melayang sia-sia akibat kecelakaan sepeda motor di Jakarta. Sementara itu, korban luka berat dan ringan mencapai tujuh orang.
Dua nyawa yang melayang adalah pengendara sepeda motor (bikers) dan dua lainnya adalah pejalan kaki. Berdasarkan informasi yang dihimpun dari http://www.lantas.metro.polri.go.id, dari delapan kasus kecelakaan yang melibatkan sepeda motor, mayoritas penyebab timbulnya korban adalah bikers menabrak pejalan kaki (37,5%). Dalam kasus ini, dua korbannya meninggal dunia.
Ironisnya, dalam salah satu kasus, yakni kejadian yang menyebabkan Rosiati (37 thn) meninggal dunia, di Jl Pemuda, depan toko keramik Candra, Jakarta Timur, sang bikers yang menabrak Rosiati langsung kabur.
Faktor pemicu kecelakaan lainnya masing-masing berkontribusi 12,5% adalah motor nabrak motor, motor ditabrak mobil, bikers lepas kontrol, dan motor nabrak separator serta satu kasus belum diketahui pemicunya.
Dari sisi waktu kejadian, kecelakaan yang melibatkan sepeda motor mayoritas terjadi pada petang hingga tengah malam yakni 18.00-24.00WIB sebanyak 50%. Kemudian tengah malam hingga pukul 06.00 WIB. Dalam rentang waktu tersebut, jumlah kecelakaan mencapai 37,5%. Sementara itu, pukul 06.00-12.00 WIB hanya berkontribusi 12,5%.
Diperkirakan, pada rentang waktu yang dominan menimbulkan kecelakaan tersebut, bikers dalam kondisi lelah sehingga kurang kontrol dalam berkendara. (edo)
Dua nyawa yang melayang adalah pengendara sepeda motor (bikers) dan dua lainnya adalah pejalan kaki. Berdasarkan informasi yang dihimpun dari http://www.lantas.metro.polri.go.id, dari delapan kasus kecelakaan yang melibatkan sepeda motor, mayoritas penyebab timbulnya korban adalah bikers menabrak pejalan kaki (37,5%). Dalam kasus ini, dua korbannya meninggal dunia.
Ironisnya, dalam salah satu kasus, yakni kejadian yang menyebabkan Rosiati (37 thn) meninggal dunia, di Jl Pemuda, depan toko keramik Candra, Jakarta Timur, sang bikers yang menabrak Rosiati langsung kabur.
Faktor pemicu kecelakaan lainnya masing-masing berkontribusi 12,5% adalah motor nabrak motor, motor ditabrak mobil, bikers lepas kontrol, dan motor nabrak separator serta satu kasus belum diketahui pemicunya.
Dari sisi waktu kejadian, kecelakaan yang melibatkan sepeda motor mayoritas terjadi pada petang hingga tengah malam yakni 18.00-24.00WIB sebanyak 50%. Kemudian tengah malam hingga pukul 06.00 WIB. Dalam rentang waktu tersebut, jumlah kecelakaan mencapai 37,5%. Sementara itu, pukul 06.00-12.00 WIB hanya berkontribusi 12,5%.
Diperkirakan, pada rentang waktu yang dominan menimbulkan kecelakaan tersebut, bikers dalam kondisi lelah sehingga kurang kontrol dalam berkendara. (edo)
Re: Sepekan, Sepeda Motor Renggut 4 Nyawa
Untuk Bulan januwari ini memang cenderung banyak hujan dan kudu ektra hati-hati di jalan...edorusia wrote:Mengerikan! Sepanjang 1-10 Januari 2009, empat nyawa melayang sia-sia akibat kecelakaan sepeda motor di Jakarta. Sementara itu, korban luka berat dan ringan mencapai tujuh orang....
Re: Sepekan, Sepeda Motor Renggut 4 Nyawa
hindari mendahului kendaraan di depan kita dalam kondisi jalan licin terlebih saat hujan. risikonya lebih tinggi ketimbang dalam kondisi jalan tidak licin.
Re: Sepekan, Sepeda Motor Renggut 4 Nyawa
selalu berdoa dan hati-hati di jalan
R10- Bintang Satu
-
Jumlah posting : 576
Age : 50
Nama Club/Community : Data nama club/community, silahkan di isi
Registration date : 05.09.08
Re: Sepekan, Sepeda Motor Renggut 4 Nyawa
Hati-hati,
berdoa,
kondisi fisik sedang prima (termasuk tidak ngantuk),
kondisi kendaraan juga perlu fit.
safety riding,
InsyaALLAH selamat sampai tujuan.
berdoa,
kondisi fisik sedang prima (termasuk tidak ngantuk),
kondisi kendaraan juga perlu fit.
safety riding,
InsyaALLAH selamat sampai tujuan.
bani- Bintang Satu
-
Jumlah posting : 558
Age : 59
Lokasi : DEPOK
Nama Club/Community : Independent Bikers Club (IBC)
Nomor Anggota : 004
Registration date : 04.09.08
Re: Sepekan, Sepeda Motor Renggut 4 Nyawa
Tingkatkan ke waspadaan, tingkatkan kepekaan.
alamsuro-
Jumlah posting : 154
Age : 42
Lokasi : Ciputat Tangerang
Nama Club/Community : Data nama club/community, silahkan di isi
Registration date : 04.09.08
Re: Sepekan, Sepeda Motor Renggut 4 Nyawa
latih juga skill kita bro, misal, menghadapi lubang dan tikungan yg licin. bgm mensiasati hal tersebut? bro alam bisa dishare teknik tersebut di sini?
Re: Sepekan, Sepeda Motor Renggut 4 Nyawa
Kurang lebih Triknya seperti berikut:
1. Jangan rem mendadak. Jika sempat melakukan pengereman, lakukan bertahap. Jika direm mendadak, ada kemungkinan motor akan slip/sliding, baik itu roda depan atau belakang, padahal bisa jadi di belakang anda ada kendaraan lain yang juga berjalan kencang.
2. Jangan menghindar kecuali sedang berkecepatan rendah. Usaha menghindar pada kecepatan tinggi adalah motor miring mengikuti gerakan badan si rider, tapi arah motor tetap lurus. Dampaknya motor masuk lubang dengan posisi miring dan mengakibatkan motor slip.
3. Lepas gas dan kukuhkan kaki di pijakan kaki. Pandangan lurus melihat kondisi dan situasi jalan dan jangan panik. Berdiri di foot step dan bobot badan condong ke belakang dengan cengkraman pada ujung luar setang motor. Jika tidak sempat berdiri, tetap duduk tapi jangan mencengkram setang motor. Pegangan yang kaku akan mengakibatkan motor kehilangan kendali saat menghantam lubang.
4. Sebaiknya lemaskan pergelangan tangan agar dampak benturan tidak terlalu keras menghantam bahu dan lebih sigap dalam pengendalian pasca lubang. Jangan khawatir akan penyok velg karena velg penyok/peyang masih lebih mudah direkondisi dibandingkan jika motor atau anda yang jatuh.
5. Untuk lubang lebar cenderung dalam, muncul efek benturan ketika ban depan akan keluar dari lubang. Antisipasi dengan mencondongkan berat badan ke belakang. Jangan sekali2 berusaha menekan setang karena berakibat motor anda akan terpental ke depan.
6. Untuk lubang lebar dangkal, waspadai kemungkinan adanya pecahan aspal di dalam lubang yang bisa bergeser ketika terlindas ban, apalagi dalam kondisi jalanan basah karena hujan.
7. Untuk lubang kecil, biasanya kalau kecepatan agak tinggi, ban motor cenderung "melayang" melewati lubang, jadi jangan terlalu khawatir.. Justru refleks yang terlalu berlebihan yang membahayakan.
8. Untuk lubang yang tersebar dalam satu area sehingga berbentuk seperti kotoran kuda, harus extra hati2 dan rasakan pergerakan motor. Karena ada kemungkinan roda depan – belakang masuk lubang di dua tempat yang berbeda sehingga menimbulkan efek bumping dan back in, terutama bagi motor dengan lingkar roda kecil atau lebar ban yang kecil.
9. Untuk lubang yang banyak variasi naik turunnya, seperti track motocross , sebisa
mungkin kondisikan badan untuk berdiri kokoh dan perhatikan kondisi lubang di depan. Jika ada efek jumping karena motor terlalu kencang, posisikan tubuh agak berat ke belakang agar shock depan tidak menerima daya gravitasi terlalu kuat yang bisa mengakibatkan shock bengkok atau segitiga patah.
10. Kuncinya jangan panik dan jangan melakukan pengereman mendadak, selain membahayakan diri sendiri, juga membahayakan orang lain.
"BERSAMA SELAMATKAN PENGGUNA JALAN"
(berikan foot dan hand signal untuk antisipasi jalan rusak, dan meningkatkan awareness).
1. Turunkan kaki kanan anda, bila melihat lubang di sebelah kanan, antisipasi kendaraan di belakang untuk menghindari lubang di sebelah kanan.
2. Turunkan kaki kiri anda, bila melihat lubang di sebelah kiri, antisipasi kendaraan di belakang untuk menghindari lubang di sebelah kiri.
3. Perlambat kendaraan, lalu, Angkat dan kepalkan tangan kiri anda, bila melihat kecelakaan, atau lubang melebar di jalan,mengisyaratkan kendaraan lain untuk memperlambat atau menghentikan laju kendaraannya, menghindari tabrakan beruntun.
Selamatkan seluruh pengguna jalan dari keadaan jalan di Indonesia.
Jangan tunggu birokrasi, mulai dari sekarang!!
1. Jangan rem mendadak. Jika sempat melakukan pengereman, lakukan bertahap. Jika direm mendadak, ada kemungkinan motor akan slip/sliding, baik itu roda depan atau belakang, padahal bisa jadi di belakang anda ada kendaraan lain yang juga berjalan kencang.
2. Jangan menghindar kecuali sedang berkecepatan rendah. Usaha menghindar pada kecepatan tinggi adalah motor miring mengikuti gerakan badan si rider, tapi arah motor tetap lurus. Dampaknya motor masuk lubang dengan posisi miring dan mengakibatkan motor slip.
3. Lepas gas dan kukuhkan kaki di pijakan kaki. Pandangan lurus melihat kondisi dan situasi jalan dan jangan panik. Berdiri di foot step dan bobot badan condong ke belakang dengan cengkraman pada ujung luar setang motor. Jika tidak sempat berdiri, tetap duduk tapi jangan mencengkram setang motor. Pegangan yang kaku akan mengakibatkan motor kehilangan kendali saat menghantam lubang.
4. Sebaiknya lemaskan pergelangan tangan agar dampak benturan tidak terlalu keras menghantam bahu dan lebih sigap dalam pengendalian pasca lubang. Jangan khawatir akan penyok velg karena velg penyok/peyang masih lebih mudah direkondisi dibandingkan jika motor atau anda yang jatuh.
5. Untuk lubang lebar cenderung dalam, muncul efek benturan ketika ban depan akan keluar dari lubang. Antisipasi dengan mencondongkan berat badan ke belakang. Jangan sekali2 berusaha menekan setang karena berakibat motor anda akan terpental ke depan.
6. Untuk lubang lebar dangkal, waspadai kemungkinan adanya pecahan aspal di dalam lubang yang bisa bergeser ketika terlindas ban, apalagi dalam kondisi jalanan basah karena hujan.
7. Untuk lubang kecil, biasanya kalau kecepatan agak tinggi, ban motor cenderung "melayang" melewati lubang, jadi jangan terlalu khawatir.. Justru refleks yang terlalu berlebihan yang membahayakan.
8. Untuk lubang yang tersebar dalam satu area sehingga berbentuk seperti kotoran kuda, harus extra hati2 dan rasakan pergerakan motor. Karena ada kemungkinan roda depan – belakang masuk lubang di dua tempat yang berbeda sehingga menimbulkan efek bumping dan back in, terutama bagi motor dengan lingkar roda kecil atau lebar ban yang kecil.
9. Untuk lubang yang banyak variasi naik turunnya, seperti track motocross , sebisa
mungkin kondisikan badan untuk berdiri kokoh dan perhatikan kondisi lubang di depan. Jika ada efek jumping karena motor terlalu kencang, posisikan tubuh agak berat ke belakang agar shock depan tidak menerima daya gravitasi terlalu kuat yang bisa mengakibatkan shock bengkok atau segitiga patah.
10. Kuncinya jangan panik dan jangan melakukan pengereman mendadak, selain membahayakan diri sendiri, juga membahayakan orang lain.
"BERSAMA SELAMATKAN PENGGUNA JALAN"
(berikan foot dan hand signal untuk antisipasi jalan rusak, dan meningkatkan awareness).
1. Turunkan kaki kanan anda, bila melihat lubang di sebelah kanan, antisipasi kendaraan di belakang untuk menghindari lubang di sebelah kanan.
2. Turunkan kaki kiri anda, bila melihat lubang di sebelah kiri, antisipasi kendaraan di belakang untuk menghindari lubang di sebelah kiri.
3. Perlambat kendaraan, lalu, Angkat dan kepalkan tangan kiri anda, bila melihat kecelakaan, atau lubang melebar di jalan,mengisyaratkan kendaraan lain untuk memperlambat atau menghentikan laju kendaraannya, menghindari tabrakan beruntun.
Selamatkan seluruh pengguna jalan dari keadaan jalan di Indonesia.
Jangan tunggu birokrasi, mulai dari sekarang!!
alamsuro-
Jumlah posting : 154
Age : 42
Lokasi : Ciputat Tangerang
Nama Club/Community : Data nama club/community, silahkan di isi
Registration date : 04.09.08
Similar topics
» Uji Emisi Sepeda Motor: Anti Motor 2Tak
» tABRAK sEPEDA mOTOR
» Lima Sepeda Motor Termahal di Dunia
» Lelang Sepeda Motor Mulai Rp850.000 di Pamulang
» Sepeda motor katanya biang kerok kemacetan Jakarta
» tABRAK sEPEDA mOTOR
» Lima Sepeda Motor Termahal di Dunia
» Lelang Sepeda Motor Mulai Rp850.000 di Pamulang
» Sepeda motor katanya biang kerok kemacetan Jakarta
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik
Thu 07 Jan 2010, 16:18 by tata
» Deklarasi Keselamatan Jalan
Thu 07 Jan 2010, 16:16 by tata
» Bincang Safety Riding di Bibir Pantai Anyer
Thu 07 Jan 2010, 16:12 by tata
» OOT Asuransi Mudik
Mon 31 Aug 2009, 04:15 by bm_brian23
» Bikers Diimbau Tetap Nyalakan Lampu Motor
Fri 26 Jun 2009, 11:06 by tata
» Indonesian community Magazine
Thu 16 Apr 2009, 18:06 by IC-MAGAZINE
» Akhirnya, Polisi Razia Konvoy Kampanye
Tue 24 Mar 2009, 21:01 by alamsuro
» polisi sita 83 motor kampanye
Tue 24 Mar 2009, 13:35 by edorusia
» Aksi Bersih Tangkuban Perahu
Wed 18 Mar 2009, 20:24 by alamsuro