Pencarian
Latest topics
User Yang Sedang Online
Total 1 user online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 1 Tamu Tidak ada
User online terbanyak adalah 26 pada Mon 03 Aug 2009, 12:46
Keywords
Pengoperasian 3 koridor busway
3 posters
Halaman 1 dari 1
Pengoperasian 3 koridor busway
GRAFIK BALOK
PENUMPANG BUS TRANSJAKARTA
Tahun Penumpang
--------------------------------------------
2008* 61,6 juta orang
2007 61,4 juta orang
2006 38,8 juta orang
2005 20,8 juta orang
-------------------------------------------
*hingga Oktober
Sumber: BLU Transjakarta
Busway Koridor VIII Beroperasi Februari 2009
JAKARTA - Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta akan mengoperasikan jalur busway koridor VIII (Lebak Bulus-Harmoni) pada Februari 2009, walaupun armada busnya belum tersedia.
Untuk sementara, pengoperasian tahap pertama koridor VIII hanya setengah jalur. Namun, belum diputuskan rute yang akan ditempuh di koridor itu. "Pengoperasian koridor pada Februari nanti, diperkirakan tidak penuh," ungkap Kepala BLU Transjakarta Daryati Asrining Rini saat rapat koordinasi dengan Komisi B bidang perekonomian DPRD DKI Jakarta, di Gedung DPRD, Jl Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (11/12).
Sebelumnya, Koordinator Bidang Advokasi Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Darmaningtyas mengusulkan, koridor VIII bisa cukup dari Lebak Bulus hingga Kalideres.
Sedangkan, untuk koridor IX (Pinang Ranti – Pluit) bisa dioperasikan dari Cililitan hingga Grogol. “Khusus koridor X (Cililitan – Priok), seharusnya bisa dioperasikan penuh,” kata Tyas.
Menurut Rini, pengoperasian busway koridor VIII lebih realistis. Sebab, rute itu merupakan trayek lama dan tidak bersinggungan dengan jalur operator angkutan bus lainnya. Untuk mendukung rencana itu, akan meminjam armada bus hasil lelang koridor IV –VII sebanyak 50 bus. Proses lelang armada bus untuk koridor VIII –X baru akan dibuka awal 2009.
"Meski dipinjam, kami jamin pelayanan koridor lain tidak akan berubah. Kami akan pertahankan jumlah armada dan headwaynya,"tegasnya. Khusus untuk koridor IX dan X, kata Rini, diperkirakan paling cepat bisa beroperasi pertengahan 2009.
Hingga November 2008, pendapatan dari penjualan tiket bus Transjakarta sebanyak Rp 229,6 miliar dari target Rp 240 miliar. Sementara itu, total pendapatan 2008 baru mencapai Rp 330,8 miliar. Padahal, target pendapatannya ditargetkan Rp 503 miliar yang berasal dari tiket Rp 240 miliar dan subsidi APBD Rp 263 miliar.
Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Aliman A'at mendesak BLU Transjakarta untuk segera mengoperasikan tiga koridor. Menurut Aliman, infrastruktur busway sudah siap, kecuali pengadaan armada belum dilakukan. Dia meminta pihak BLU Transjakarta segera menyelesaikan proses pengadaan busway koridor IV-VII ke Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI). Selama proses tender tersebut belum kelar, diperkirakan tender pengadaan bus tiga koridor akan mengalami persoalan."saya minta persoalan lelang tersebut, segera diselesaikan dan selanjut melakukan lelang tiga koridor," tuturnya.
Sekretaris Komisi B Nurmansjah Lubis menkritisi adanya rencana pengoperasian sepenggal jalur busway koridor VIII pada Februari nanti.
Anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengatakan pengoperasian busway harus dipaksakan agar pemprov maupun BLU terpacu untuk bekerja secara profesional. Seperti tidak ada lagi proses lelang yang berlarut-larut serta perbaikan sarana infrastruktur. "Dulu kita dijanjikan ketiga koridor tersebut beroperasi Agustus lalu molor Oktober lalu sampai kambing sudah dipotong pun belum beroperasi juga,"
jelasnya.
Iklan di Busway
Asrining Rini pada kesempatan itu meminta izin pemasangan iklan menjadi kewenangan otoritas BLU Transjakarta. BLU nantinya akan mendapat dana tambahan masukan lain untuk meningkatkan pelayanan. Rini mengatakan, selama ini retribusi dari izin pemasangan iklan masuk ke kas daerah yang ditetapkan oleh Dinas Pendapatan Daerah (Dipenda) DKI Jakarta. Posisi tempat iklan dapat berada di areal busway, seperti halte dan badan bus.
Rini mengaku, rencana tersebut sudah mendapat persetujuan dari Sekretaris Daerah Muhayat. Untuk merealisasikan, BLU Transjakarta hanya tinggal menunggu surat keputusan (SK) Gubernur. Menurut Rini, usulan pengalihan pendapatan izin pemasangan iklan tersebut sangat penting karena mampu mmengurangi subsidi. "Jadi kami kan bisa mendapat pendapatan di luar pemasukan tiket," tegasnya. (ban)
PENUMPANG BUS TRANSJAKARTA
Tahun Penumpang
--------------------------------------------
2008* 61,6 juta orang
2007 61,4 juta orang
2006 38,8 juta orang
2005 20,8 juta orang
-------------------------------------------
*hingga Oktober
Sumber: BLU Transjakarta
Busway Koridor VIII Beroperasi Februari 2009
JAKARTA - Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta akan mengoperasikan jalur busway koridor VIII (Lebak Bulus-Harmoni) pada Februari 2009, walaupun armada busnya belum tersedia.
Untuk sementara, pengoperasian tahap pertama koridor VIII hanya setengah jalur. Namun, belum diputuskan rute yang akan ditempuh di koridor itu. "Pengoperasian koridor pada Februari nanti, diperkirakan tidak penuh," ungkap Kepala BLU Transjakarta Daryati Asrining Rini saat rapat koordinasi dengan Komisi B bidang perekonomian DPRD DKI Jakarta, di Gedung DPRD, Jl Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (11/12).
Sebelumnya, Koordinator Bidang Advokasi Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Darmaningtyas mengusulkan, koridor VIII bisa cukup dari Lebak Bulus hingga Kalideres.
Sedangkan, untuk koridor IX (Pinang Ranti – Pluit) bisa dioperasikan dari Cililitan hingga Grogol. “Khusus koridor X (Cililitan – Priok), seharusnya bisa dioperasikan penuh,” kata Tyas.
Menurut Rini, pengoperasian busway koridor VIII lebih realistis. Sebab, rute itu merupakan trayek lama dan tidak bersinggungan dengan jalur operator angkutan bus lainnya. Untuk mendukung rencana itu, akan meminjam armada bus hasil lelang koridor IV –VII sebanyak 50 bus. Proses lelang armada bus untuk koridor VIII –X baru akan dibuka awal 2009.
"Meski dipinjam, kami jamin pelayanan koridor lain tidak akan berubah. Kami akan pertahankan jumlah armada dan headwaynya,"tegasnya. Khusus untuk koridor IX dan X, kata Rini, diperkirakan paling cepat bisa beroperasi pertengahan 2009.
Hingga November 2008, pendapatan dari penjualan tiket bus Transjakarta sebanyak Rp 229,6 miliar dari target Rp 240 miliar. Sementara itu, total pendapatan 2008 baru mencapai Rp 330,8 miliar. Padahal, target pendapatannya ditargetkan Rp 503 miliar yang berasal dari tiket Rp 240 miliar dan subsidi APBD Rp 263 miliar.
Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Aliman A'at mendesak BLU Transjakarta untuk segera mengoperasikan tiga koridor. Menurut Aliman, infrastruktur busway sudah siap, kecuali pengadaan armada belum dilakukan. Dia meminta pihak BLU Transjakarta segera menyelesaikan proses pengadaan busway koridor IV-VII ke Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI). Selama proses tender tersebut belum kelar, diperkirakan tender pengadaan bus tiga koridor akan mengalami persoalan."saya minta persoalan lelang tersebut, segera diselesaikan dan selanjut melakukan lelang tiga koridor," tuturnya.
Sekretaris Komisi B Nurmansjah Lubis menkritisi adanya rencana pengoperasian sepenggal jalur busway koridor VIII pada Februari nanti.
Anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengatakan pengoperasian busway harus dipaksakan agar pemprov maupun BLU terpacu untuk bekerja secara profesional. Seperti tidak ada lagi proses lelang yang berlarut-larut serta perbaikan sarana infrastruktur. "Dulu kita dijanjikan ketiga koridor tersebut beroperasi Agustus lalu molor Oktober lalu sampai kambing sudah dipotong pun belum beroperasi juga,"
jelasnya.
Iklan di Busway
Asrining Rini pada kesempatan itu meminta izin pemasangan iklan menjadi kewenangan otoritas BLU Transjakarta. BLU nantinya akan mendapat dana tambahan masukan lain untuk meningkatkan pelayanan. Rini mengatakan, selama ini retribusi dari izin pemasangan iklan masuk ke kas daerah yang ditetapkan oleh Dinas Pendapatan Daerah (Dipenda) DKI Jakarta. Posisi tempat iklan dapat berada di areal busway, seperti halte dan badan bus.
Rini mengaku, rencana tersebut sudah mendapat persetujuan dari Sekretaris Daerah Muhayat. Untuk merealisasikan, BLU Transjakarta hanya tinggal menunggu surat keputusan (SK) Gubernur. Menurut Rini, usulan pengalihan pendapatan izin pemasangan iklan tersebut sangat penting karena mampu mmengurangi subsidi. "Jadi kami kan bisa mendapat pendapatan di luar pemasukan tiket," tegasnya. (ban)
bani- Bintang Satu
-
Jumlah posting : 558
Age : 59
Lokasi : DEPOK
Nama Club/Community : Independent Bikers Club (IBC)
Nomor Anggota : 004
Registration date : 04.09.08
Re: Pengoperasian 3 koridor busway
Hehe...
Pengoprasian mancam apa? tanpa armada...
ini si mo gerjain penumpang aja kali....
Masa mo di oper pake mikrolet apa kopaja... pemda bagai mana kerjamu...
Pengoprasian mancam apa? tanpa armada...
ini si mo gerjain penumpang aja kali....
Masa mo di oper pake mikrolet apa kopaja... pemda bagai mana kerjamu...
Re: Pengoperasian 3 koridor busway
busway mandul jika armada tdk diperbanyak dan dilengkapi sarana parkir memadai di area tertentu
Similar topics
» busway koridor 8 Beroperasi 14 Februari
» TARIF BUSWAY
» Tarif Murah bus Transjakarta: buat yang suka lewat busway
» TARIF BUSWAY
» Tarif Murah bus Transjakarta: buat yang suka lewat busway
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik
|
|
Thu 07 Jan 2010, 16:18 by tata
» Deklarasi Keselamatan Jalan
Thu 07 Jan 2010, 16:16 by tata
» Bincang Safety Riding di Bibir Pantai Anyer
Thu 07 Jan 2010, 16:12 by tata
» OOT Asuransi Mudik
Mon 31 Aug 2009, 04:15 by bm_brian23
» Bikers Diimbau Tetap Nyalakan Lampu Motor
Fri 26 Jun 2009, 11:06 by tata
» Indonesian community Magazine
Thu 16 Apr 2009, 18:06 by IC-MAGAZINE
» Akhirnya, Polisi Razia Konvoy Kampanye
Tue 24 Mar 2009, 21:01 by alamsuro
» polisi sita 83 motor kampanye
Tue 24 Mar 2009, 13:35 by edorusia
» Aksi Bersih Tangkuban Perahu
Wed 18 Mar 2009, 20:24 by alamsuro