July 2018
MonTueWedThuFriSatSun
      1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031     

Calendar Calendar

My Dockuent For All
IBC-INDONESIA.org Group Milis
Google Groups
Subscribe to IBC-INDONESIA.org
Email:
Visit this group
Pencarian
 
 

Display results as :
 


Rechercher Advanced Search

Latest topics
» Pembelajaran Safety Riding Penting Untuk Anak
Thu 07 Jan 2010, 16:18 by tata

» Deklarasi Keselamatan Jalan
Thu 07 Jan 2010, 16:16 by tata

» Bincang Safety Riding di Bibir Pantai Anyer
Thu 07 Jan 2010, 16:12 by tata

» OOT Asuransi Mudik
Mon 31 Aug 2009, 04:15 by bm_brian23

» Bikers Diimbau Tetap Nyalakan Lampu Motor
Fri 26 Jun 2009, 11:06 by tata

» Indonesian community Magazine
Thu 16 Apr 2009, 18:06 by IC-MAGAZINE

» Akhirnya, Polisi Razia Konvoy Kampanye
Tue 24 Mar 2009, 21:01 by alamsuro

» polisi sita 83 motor kampanye
Tue 24 Mar 2009, 13:35 by edorusia

» Aksi Bersih Tangkuban Perahu
Wed 18 Mar 2009, 20:24 by alamsuro

User Yang Sedang Online
Total 2 uses online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 2 Tamu

Tidak ada

[ View the whole list ]


User online terbanyak adalah 26 pada Mon 03 Aug 2009, 12:46
Top posters
edorusia (586)
 
R10 (576)
 
bani (558)
 
tata (267)
 
jibriel (159)
 
alamsuro (154)
 
N451ER (97)
 
indrasi (43)
 
acoy (8)
 
IBC-008 (7)
 

Poll

Kabarnya aturan pemprov dki jakarta soal jam masuk sekolah berhasil mengurangi kemacetan lalulintas di jalan raya dki jakarta. segera menyusul pengaturan jam masuk kantor. Anda SETUJU?

20% 20% [ 1 ]
80% 80% [ 4 ]
0% 0% [ 0 ]

Total Suara : 5

Keywords


Layananbusway masih mengecewakan

Go down

Layananbusway masih mengecewakan

Post by bani on Sun 14 Dec 2008, 19:44

Layanan Busway Buruk=upp
Lonjakan Penumpang Tak Diimbangi Perbaikan Layanan


Jumlah penumpang bus Transjakarta dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatan. Pengoperasian koridor terus ditambah, berawal dari koridor I hingga VII dan sesuai rencana September 2009 mendatang akan dioperasikan Koridor VIII (Lebak Bulus-Harmoni) dan Koridor IX (Pinang Ranti-Pluit). Namun sayangnya, peningkatan penumpang dan koridor tersebut tidak diiringi dengan peningkatan layanan. Operator cenderung mengedepankan keuntungan ketimbang layanan penumpang.

Potret buruknya, layanan terakhir adalah kelalaian operator sehingga menyebabkan terbakarnya bus Transjakarta Jurusan Blok M-Kota pada akhir pekan kemarin. Terkait hal tersebut, Kepala BLU Transjakarta Daryati Asrining Rini mengatakan, tim akan mengadakan investigasi kecelakaan terbakarnya busway di terminal Blok M Tersebut. Tim investigasi terdiri dari unsur BLU Transjakarta, Dinas Perhubungan DKI Jakarta serta perwakilan Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM).

Rini menegaskan pelaksanaan investigasi akan dilakukan Senin (14/122) hari ini. Pelaksanaan investigasi memakan waktu singkat antara 3 4 hari ke depan. Setelah itu, hasilnya akan diumumkan. Tim akan memeriksa seluruh kondisi bus, termasuk sistem kelitrikan, pengatr suhu udara (AC), mesin maupun karoseri. Di dalam investigasi akan dilakukan pemeriksaan secara konperhensif terhadap fakta terbakarnya bus.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo geram melihat buruknya pelayanan busway yang berakibat fatal terbakarnya bus Transjakarta. Fauzi yang akrab disapa Foke ini, melihat adanya kelalalian terhadap kejadian terbakarnya busway di Terminal Blok M. Semestinya, bus Transjakarta tersebut sebelum dioperasikan harus melalui checking sehingga tidak menimbulkan persoalan teknis saat beroperasi.

Karena itu, Gubernur berencana untuk segera membenahi pengelolaan bus Transjakarta. Pengelolaan bus Tranjakarta yang baik akan menunjang tingkat layanan. Walaupun gagasan Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta menjadi perusahaan terbatas (PT) belum dapat dilaksanakan, setidaknya dengan mengubah status BLU Transjakarta menjadi BLU secara penuh diharapkan pengelolaan lebih profesional dan transparan. Sekarang, BLU tersebut masih berstatus UPT (unit pelaksana
teknis) dibawah koordinasi Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) Edie Toet Hendratno menyatakan, persoalan utama penyelenggaran busway adalah kesiapan manajemen. Menurut Dia, manajemen BLU Transjakarta relatif buruk sehingga butuh pembenahan sesingkat mungkin. Sejak awal, penyelenggaraan moda busway tidak melalui persiapan yang matang.
Selain itu, status BLU juga harus dikaji, karena rantai untuk mengambil keputusan panjang, sedangkan pengguna busway membutuhkan penanganan sesegera mungkin.

Fauzi Bowo menjelaskan, melalui status BLU penuh, manajemen lebih terbuka bagi pihak profesional yang ingin masuk menduduki jajaran operasional. Manajemen BLU nantinya juga akan lebih fleksibel. BLU penuh nantinya akan berdiri sendiri mengelola keuangan. Sedangkan fungsi Dishub nantinya akan menjadi badan pengawasan terhadap BLU penuh. BLU penuh tersebut merupakan status perantara untuk menjadi perusahaan terbatas.

Melalui status BLU penuh, kata Foke akan diketahui neraca keuangan dan aset. Melalui BLU Penuh, diharapkan adanya perubahan kontrak yang lebih berpihak kepada layanan masyarakat. Model kontrak seperti BLU sekarang, masih cenderung lebih mementingkan kepentingkan operasi dibanding kepentingan masyarakat pengguna Bus Transjakarta. "Nantinya kontrak akan menempatkan masyarakat diatas kepentingan operator,"
tuturnya.

Lonjakan Penumpang
Kepala BLU Transjakarta, Daryati Asrining Rini mengatakan, jumlah penumpang busway terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Pada tahun 2004, penumpang 15.942.423 pax, tahun 2005 sejumlah 20.798.196 pax. Dua tahun berturut turut 2006 dan 2007 masing- masing 38.828.039 pax dan 61.446.334 pax. Hingga Oktober 2008, armada busway telah melayani 61.625.121 pax. Bus Transjakarta sekarang ini melayani tujuh koridor dengan panjang jalur 97,35 km. Kemampuan daya angkut bus Transjakarta 220.000 penumpang per hari, dan selama 4 tahun beroperasi telah melayani 198.633.740 penumpang.

Meski penumpang terus meningkat, Rini menjelaskan, tingkat pengembalian pendapatan masih belum stabil. Contohnya, tahun 2004 porsi pengembalian melalui pendapatan hanya 89,91% dari total investasi. Sedangkan tahun 2005 sebesar 91,51%, tahun 2006 menurun
75,18 % dan tahun 2007 terus menurun hanya 65,22%. Tetapi, tingkat pengembalian pada tahun 2008 diperrkirakan mengalami kenaikan kembali karena hitungan hingga akhir oktober 2008 telah mencapai 68,37%.

Menurut Rini, jumlah penumpang paling tinggi terdapat koridor I berkisar 2 juta hingga 3 juta per setiap bulan. Sedang enam koridor lainnya jumlah penumpang hanya kisaran 500 ribu hingga satu juta penumpang per bulan. Sejak awal tahun tren penumpang yang terangkut disbanding dengan jarak kilometer tempuh terus mengalami pertumbuhan yang semakin baik.

2009 Butuh Rp 600 miliar
Rini memaparkan, rencana bisnis dan anggaran tahun 2009 nanti membutuhkan Rp 600 miliar. Anggaran tersebut akan dipenuhi dari APBD senilai Rp 320 miliar dan anggaran non subsidi atau dari pendapatan tiket dan lainnya sesuai target Rp 280 miliar. Pengeluaran paling besar adalah biaya operasional Rp 595,8 miliar. Bentuk pengeluaran lainnya adalah biaya telepon, air dan listrik sebesar Rp 4,175 miliar.

Sedangkan biaya kegiatan operasional yang besar dikeluarkan antara lain untuk biaya operasional operator Rp 445,3 miliar. Biaya operasional operator tiket Rp 45,2 miliar, pengendalian dan pengamanan busway Rp 47,8 miliar. Pemeliharaan prasarana Rp 15,1 miliar serta gaji, honorarium dan tunjangan Rp 20,8 miliar serta pengeluaran lainnya.

Menurut Kepala BLU Transjakarta ini, pengoperasian koridor VIII dan IX paling lambat September 2009. Jumlah bus koridor I -VII direncanakan
426 bus dan Koridor VIII-X sebanyak 206 bus. Jumlah halte siap dioperasikan sebanyak 120 halte dan khususnya untuk koridor VIII-X sebanyak 63 halte. Sesuai rencana bisnis tahun 2009, tarif tiket ekonomi tetap bertahan Rp 2.000 per penumpang untuk jam 05.00 WIB 07.00 WIB dan harga tiket fair Rp 3.500 untuk jam 07.00 22.00 WIB.
Rencana bisnis juga dapat dilaksanakan apabila sistem operasional Koridor I sampai VII tetap dalam kondisi stabil.(suharto)
avatar
bani
Bintang Satu
Bintang Satu

Male
Jumlah posting : 558
Age : 53
Lokasi : DEPOK
Nama Club/Community : Independent Bikers Club (IBC)
Nomor Anggota : 004
Registration date : 04.09.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Layananbusway masih mengecewakan

Post by R10 on Sun 14 Dec 2008, 21:04

Bagaimana keseriusan Pemda DKI Jakarta?
avatar
R10
Bintang Satu
Bintang Satu

Male
Jumlah posting : 576
Age : 44
Nama Club/Community : Data nama club/community, silahkan di isi
Registration date : 05.09.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Layananbusway masih mengecewakan

Post by tata on Mon 15 Dec 2008, 10:31

Betul Bro Bani...

Busway pelayanannya memang payah, mungkin karena monopoli daerah jadi seuenaknya saja...
penumpang sampe antre... di jembatan penghubung.

Kanyanya pemerintah DKI tidak serius untuk meagani masalah ini... Mad

_________________
Profil Facebook Tata Suharta
| B6626BDV | 0811921380 |
avatar
tata
Admin

Male
Jumlah posting : 267
Age : 43
Lokasi : Bogor
Registration date : 04.09.08

Lihat profil user http://www.ibc-indonesia.org

Kembali Ke Atas Go down

Re: Layananbusway masih mengecewakan

Post by alamsuro on Mon 15 Dec 2008, 18:27

sepertinya belum ada peningkatan dari pelayanan nya ya, yg di urusin cm bagaimana caranya agar pengguna jalan lain gak masuk Busway, tapi playanan pada publik nya di lupakan

_________________
I-BC 015
"Half Your Life, Is In Your Helmet"
avatar
alamsuro

Male
Jumlah posting : 154
Age : 37
Lokasi : Ciputat Tangerang
Nama Club/Community : Data nama club/community, silahkan di isi
Registration date : 04.09.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Layananbusway masih mengecewakan

Post by edorusia on Tue 06 Jan 2009, 13:50

jgnkan kualitas pelayanan, jumlah armada aja masih minim. coba lihat koridor VII, pinang ranti-pluit, sampai sekarang gak beroperasi tuh.
avatar
edorusia
Bintang Satu
Bintang Satu

Male
Jumlah posting : 586
Age : 48
Lokasi : jakarta
Nama Club/Community : Data nama club/community, silahkan di isi
Registration date : 04.09.08

Lihat profil user http://edoibc.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Layananbusway masih mengecewakan

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik