Pencarian
Latest topics
User Yang Sedang Online
Total 2 uses online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 2 Tamu Tidak ada
User online terbanyak adalah 26 pada Mon 03 Aug 2009, 12:46
Keywords
busway koridor 8 Beroperasi 14 Februari
Halaman 1 dari 1
busway koridor 8 Beroperasi 14 Februari
Koridor VIII Beroperasi 14 Februari
BERITAJAKARTA.COM — 04-02-2009 14:30
Setelah terkatung-katung selama satu tahun, akhirnya busway koridor
VIII (Lebakbulus-Harmoni) siap beroperasi mulai Sabtu, 14 Februari
2009. Sayangnya, dua koridor lainnya yang pernah dijanjikan, yakni
koridor IX dan X, tidak turut dioperasikan lantaran masih mengalami
kendala. Karena itu, Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta baru
mengoperasikan satu koridor saja.
Koridor VIII memiliki 17 halte, diantaranya halte Metro Pondok Indah, Simpangan Daan Mogot dan Jalan Panjang. Panjang lintasan Koridor VIII mencapai 26 kilometer.
Rutenya meliputi Terminal Lebak Bulus-Jl Ciputat Raya- Jl TB Simatupang-Pasar Jumat-Jl Pondok Indah-Jl Iskandar Muda-Jl Teuku Nyak Arif-Jl Letjen Soepomo-Jl Panjang-Jl Daan Mogot-Jl S Parman- Jl Tomang Raya-Jl Kyai Caringin-Jl Balik Papan-Jl Suryopranoto- Jl Harmoni.
Kepala Bidang Angkutan Darat Dinas Perhubungan (Dishub) DKI, Hendah Sunugroho,
mengatakan, BLU Tranjakarta telah memberikan laporan kepada Dinas Perhubungan DKI terkait pelaksanaan pengoperasian busway koriodor VIII pada 14 Februari 2009. "Kepala BLU Transjakarta sudah memastikan Koridor VIII akan dioperasikan 10 hari lagi yaitu pada 14 Februari," ujarnya, Rabu (4/2).
Kendati demikian, layanan angkutan tidak akan berjalan penuh, melainkan hanya setengah rute, yaitu Lebak Bulus-Daan Mogot. "Kalaupun dioperasikan setengahnya, itu bukan berarti tidak ada konektivitas dengan halte-halte di koridor lainnya," kata Hendah.
Secara pasti, Dishub DKI dan BLU Transjakarta akan mengoperasikan rute secara optimal dan efisien untuk memenuhi kebutuhan warga Jakarta terhadap transportasi massal yang aman, cepat, dan nyaman.
Untuk kebutuhan armada, Hendah mengatakan, akan mengoptimalkan armada bus yang sudah ada dari Koridor I-VII. Berapa jumlah armada yang digunakan, Hendah meminta menanyakan langsung kepada Kepala BLU Transjakarta Daryati Asrining Rini. "Tanyakan langsung sama dia saja. Dia yang berkompeten untuk menjawabnya," imbuhnya.
Berdasarkan data Dinas
Perhubungan DKI, koridor VIII memerlukan 45 armada yang pengadaannya dilakukan dengan cara lelang. Kemudian Koridor IX memerlukan 97 armada. Sebanyak 41 unit pengadaannya dilakukan melalui lelang sementara 56 unit lain dipenuhi oleh konsorsium. Terakhir, koridor X membutuhkan 64 armada. Sebanyak 27 unit melalui lelang dan 37 unit dari konsorsium.
Sedangkan terkait pemanfaatan bus cadangan untuk ketiga koridor tersebut, kata Hendah, dikhawatirkan bisa membuat headway (jarak kedatangan satu bus dengan bus berikutnya) akan semakin lama. Berdasarkan data, headway rata-rata koridor I Blok M-Kota itu tiga menit, koridor II, III, IV, V dan VII antara lima menit hingga 10 menit, serta khusus koridor VI jurusan Ragunan-Kuningan bahkan hingga 20 menit.
Soal headway, Hendah mengakui masih kesulitan mengaturnya. Karena sepanjang koridor VIII, masih banyak persimpangan jalan, kemacetan dan traffic busway ada yang sejalur dengan bus umum. Akibatnya, susah menentukan headway.
Kendati demikian, Dinas Perhubungan DKI akan meminta BLU Transjakarta untuk memikirkan mekanisme agar pengemudi bus dapat menentukan waktu dan jarak dengan tepat. "Seharusnya, antara satu bus dengan bus lain headway-nya 5 menit seperti di Koridor I (Blok M-Kota)," kata Hendah.
Sementara terkait banyaknya sejumlah fasilitas yang rusak, Hendah mengatakan,
sejumlah kerusakan kecil yang terjadi di koridor VIII dipastikan tidak akan mengganggu pengoperasian busway di koridor tersebut. "Yang rusak itu infrastruktur kecil seperti separator copot," ujar dia.
Hendah mengatakan, perbaikan infrastruktur akan berjalan seiring dengan pengoperasian armada bus di koridor tersebut. Dishub DKI telah menganggarkan Rp 15 miliar dalam APBD DKI 2009 untuk perbaikan infrastruktur di seluruh koridor, termasuk koridor VIII, IX, dan X.
"Permasalahannya anggaran itu belum cair sehingga belum bisa dilaksanakan perbaikan," tukas Hendah. (beritajakarta.com)
Setelah terkatung-katung selama satu tahun, akhirnya busway koridor
VIII (Lebakbulus-Harmoni) siap beroperasi mulai Sabtu, 14 Februari
2009. Sayangnya, dua koridor lainnya yang pernah dijanjikan, yakni
koridor IX dan X, tidak turut dioperasikan lantaran masih mengalami
kendala. Karena itu, Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta baru
mengoperasikan satu koridor saja.
Koridor VIII memiliki 17 halte, diantaranya halte Metro Pondok Indah, Simpangan Daan Mogot dan Jalan Panjang. Panjang lintasan Koridor VIII mencapai 26 kilometer.
Rutenya meliputi Terminal Lebak Bulus-Jl Ciputat Raya- Jl TB Simatupang-Pasar Jumat-Jl Pondok Indah-Jl Iskandar Muda-Jl Teuku Nyak Arif-Jl Letjen Soepomo-Jl Panjang-Jl Daan Mogot-Jl S Parman- Jl Tomang Raya-Jl Kyai Caringin-Jl Balik Papan-Jl Suryopranoto- Jl Harmoni.
Kepala Bidang Angkutan Darat Dinas Perhubungan (Dishub) DKI, Hendah Sunugroho,
mengatakan, BLU Tranjakarta telah memberikan laporan kepada Dinas Perhubungan DKI terkait pelaksanaan pengoperasian busway koriodor VIII pada 14 Februari 2009. "Kepala BLU Transjakarta sudah memastikan Koridor VIII akan dioperasikan 10 hari lagi yaitu pada 14 Februari," ujarnya, Rabu (4/2).
Kendati demikian, layanan angkutan tidak akan berjalan penuh, melainkan hanya setengah rute, yaitu Lebak Bulus-Daan Mogot. "Kalaupun dioperasikan setengahnya, itu bukan berarti tidak ada konektivitas dengan halte-halte di koridor lainnya," kata Hendah.
Secara pasti, Dishub DKI dan BLU Transjakarta akan mengoperasikan rute secara optimal dan efisien untuk memenuhi kebutuhan warga Jakarta terhadap transportasi massal yang aman, cepat, dan nyaman.
Untuk kebutuhan armada, Hendah mengatakan, akan mengoptimalkan armada bus yang sudah ada dari Koridor I-VII. Berapa jumlah armada yang digunakan, Hendah meminta menanyakan langsung kepada Kepala BLU Transjakarta Daryati Asrining Rini. "Tanyakan langsung sama dia saja. Dia yang berkompeten untuk menjawabnya," imbuhnya.
Berdasarkan data Dinas
Perhubungan DKI, koridor VIII memerlukan 45 armada yang pengadaannya dilakukan dengan cara lelang. Kemudian Koridor IX memerlukan 97 armada. Sebanyak 41 unit pengadaannya dilakukan melalui lelang sementara 56 unit lain dipenuhi oleh konsorsium. Terakhir, koridor X membutuhkan 64 armada. Sebanyak 27 unit melalui lelang dan 37 unit dari konsorsium.
Sedangkan terkait pemanfaatan bus cadangan untuk ketiga koridor tersebut, kata Hendah, dikhawatirkan bisa membuat headway (jarak kedatangan satu bus dengan bus berikutnya) akan semakin lama. Berdasarkan data, headway rata-rata koridor I Blok M-Kota itu tiga menit, koridor II, III, IV, V dan VII antara lima menit hingga 10 menit, serta khusus koridor VI jurusan Ragunan-Kuningan bahkan hingga 20 menit.
Soal headway, Hendah mengakui masih kesulitan mengaturnya. Karena sepanjang koridor VIII, masih banyak persimpangan jalan, kemacetan dan traffic busway ada yang sejalur dengan bus umum. Akibatnya, susah menentukan headway.
Kendati demikian, Dinas Perhubungan DKI akan meminta BLU Transjakarta untuk memikirkan mekanisme agar pengemudi bus dapat menentukan waktu dan jarak dengan tepat. "Seharusnya, antara satu bus dengan bus lain headway-nya 5 menit seperti di Koridor I (Blok M-Kota)," kata Hendah.
Sementara terkait banyaknya sejumlah fasilitas yang rusak, Hendah mengatakan,
sejumlah kerusakan kecil yang terjadi di koridor VIII dipastikan tidak akan mengganggu pengoperasian busway di koridor tersebut. "Yang rusak itu infrastruktur kecil seperti separator copot," ujar dia.
Hendah mengatakan, perbaikan infrastruktur akan berjalan seiring dengan pengoperasian armada bus di koridor tersebut. Dishub DKI telah menganggarkan Rp 15 miliar dalam APBD DKI 2009 untuk perbaikan infrastruktur di seluruh koridor, termasuk koridor VIII, IX, dan X.
"Permasalahannya anggaran itu belum cair sehingga belum bisa dilaksanakan perbaikan," tukas Hendah. (beritajakarta.com)
bani- Bintang Satu
-
Jumlah posting : 558
Age : 59
Lokasi : DEPOK
Nama Club/Community : Independent Bikers Club (IBC)
Nomor Anggota : 004
Registration date : 04.09.08
Similar topics
» Pengoperasian 3 koridor busway
» Fly Over Pramuka Mulai Beroperasi
» TARIF BUSWAY
» Kereta Pengangkut Motor Batal Beroperasi
» Tarif Murah bus Transjakarta: buat yang suka lewat busway
» Fly Over Pramuka Mulai Beroperasi
» TARIF BUSWAY
» Kereta Pengangkut Motor Batal Beroperasi
» Tarif Murah bus Transjakarta: buat yang suka lewat busway
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik
|
|
Thu 07 Jan 2010, 16:18 by tata
» Deklarasi Keselamatan Jalan
Thu 07 Jan 2010, 16:16 by tata
» Bincang Safety Riding di Bibir Pantai Anyer
Thu 07 Jan 2010, 16:12 by tata
» OOT Asuransi Mudik
Mon 31 Aug 2009, 04:15 by bm_brian23
» Bikers Diimbau Tetap Nyalakan Lampu Motor
Fri 26 Jun 2009, 11:06 by tata
» Indonesian community Magazine
Thu 16 Apr 2009, 18:06 by IC-MAGAZINE
» Akhirnya, Polisi Razia Konvoy Kampanye
Tue 24 Mar 2009, 21:01 by alamsuro
» polisi sita 83 motor kampanye
Tue 24 Mar 2009, 13:35 by edorusia
» Aksi Bersih Tangkuban Perahu
Wed 18 Mar 2009, 20:24 by alamsuro