November 2018
MonTueWedThuFriSatSun
   1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Calendar Calendar

My Dockuent For All
IBC-INDONESIA.org Group Milis
Google Groups
Subscribe to IBC-INDONESIA.org
Email:
Visit this group
Pencarian
 
 

Display results as :
 


Rechercher Advanced Search

Latest topics
» Pembelajaran Safety Riding Penting Untuk Anak
Thu 07 Jan 2010, 16:18 by tata

» Deklarasi Keselamatan Jalan
Thu 07 Jan 2010, 16:16 by tata

» Bincang Safety Riding di Bibir Pantai Anyer
Thu 07 Jan 2010, 16:12 by tata

» OOT Asuransi Mudik
Mon 31 Aug 2009, 04:15 by bm_brian23

» Bikers Diimbau Tetap Nyalakan Lampu Motor
Fri 26 Jun 2009, 11:06 by tata

» Indonesian community Magazine
Thu 16 Apr 2009, 18:06 by IC-MAGAZINE

» Akhirnya, Polisi Razia Konvoy Kampanye
Tue 24 Mar 2009, 21:01 by alamsuro

» polisi sita 83 motor kampanye
Tue 24 Mar 2009, 13:35 by edorusia

» Aksi Bersih Tangkuban Perahu
Wed 18 Mar 2009, 20:24 by alamsuro

User Yang Sedang Online
Total 1 user online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 1 Tamu

Tidak ada

[ View the whole list ]


User online terbanyak adalah 26 pada Mon 03 Aug 2009, 12:46
Top posters
edorusia (586)
 
R10 (576)
 
bani (558)
 
tata (267)
 
jibriel (159)
 
alamsuro (154)
 
N451ER (97)
 
indrasi (43)
 
acoy (8)
 
IBC-008 (7)
 

Poll

Kabarnya aturan pemprov dki jakarta soal jam masuk sekolah berhasil mengurangi kemacetan lalulintas di jalan raya dki jakarta. segera menyusul pengaturan jam masuk kantor. Anda SETUJU?

20% 20% [ 1 ]
80% 80% [ 4 ]
0% 0% [ 0 ]

Total Suara : 5

Keywords


TOURING dan BAKSOS

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Go down

Setujukah Touring digabung dengan acara Baksos?

82% 82% 
[ 9 ]
18% 18% 
[ 2 ]
0% 0% 
[ 0 ]
 
Total Suara : 11

TOURING dan BAKSOS

Post by bani on Tue 30 Dec 2008, 23:25

Pada acara HUT IBC ke 2 di Gunung Bunder yang lalu, diagendakan kegiatan Touring dan Bakti Sosial. namun masih sendiri-sendiri. bagaimana kalau ke depan, 2009, setiap touring, selalu diikuti kegiatan bakti sosial. Apa saja yang akan dibaksoskan, tergantung hasil survei dan di lokasi mana.
avatar
bani
Bintang Satu
Bintang Satu

Male
Jumlah posting : 558
Age : 54
Lokasi : DEPOK
Nama Club/Community : Independent Bikers Club (IBC)
Nomor Anggota : 004
Registration date : 04.09.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: TOURING dan BAKSOS

Post by edorusia on Wed 31 Dec 2008, 12:39

bgm kalau dimulai dari touring ke-9 yg dikomandoi bro irfan?
avatar
edorusia
Bintang Satu
Bintang Satu

Male
Jumlah posting : 586
Age : 48
Lokasi : jakarta
Nama Club/Community : Data nama club/community, silahkan di isi
Registration date : 04.09.08

Lihat profil user http://edoibc.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: TOURING dan BAKSOS

Post by bani on Thu 01 Jan 2009, 16:43

Sangat setuju sekali. Memang, mulai 2009 ini, saja. Tinggal ke mana kita touring. Dalam rapat anggota di Gunung Bunder lalu, wacananya sudah tidak lagi berorientasi ke gunung yang dingin-dingin, tapi beralih ke yang sedikit panas, pantai, misal. Kalau perlu, nginepnya tidak di vila, tapi di balai desa bersama karang taruna setempat. Atau camping. He he he
avatar
bani
Bintang Satu
Bintang Satu

Male
Jumlah posting : 558
Age : 54
Lokasi : DEPOK
Nama Club/Community : Independent Bikers Club (IBC)
Nomor Anggota : 004
Registration date : 04.09.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: TOURING dan BAKSOS

Post by tata on Thu 01 Jan 2009, 17:47

edorusia wrote:bgm kalau dimulai dari touring ke-9 yg dikomandoi bro irfan?

Berarti survenya harus dengan nurani... membidik kiranya apa saja yang bisa dibantu dan tetunya dengan bantuan dari donatur/peyumbang yang akan di galang...

kita mulai saja, supaya touring lebih begerak dengan nurani... Very Happy

_________________
Profil Facebook Tata Suharta
| B6626BDV | 0811921380 |
avatar
tata
Admin

Male
Jumlah posting : 267
Age : 44
Lokasi : Bogor
Registration date : 04.09.08

Lihat profil user http://www.ibc-indonesia.org

Kembali Ke Atas Go down

Re: TOURING dan BAKSOS

Post by jibriel on Thu 01 Jan 2009, 20:05

begini bapak-bapak...
kalo saya lebih memilih touring jangan digabung dengan baksos karena akan terlalu ribet. konsep touring kita kan selama ini (touring= refreshing). jadi klo dibarengi dgn baksos kita akan jadi capek dan letih sekali. mengingat waktu touring kita pun selalu terbentur jadawal kerja... terima kasih... Laughing
avatar
jibriel

Male
Jumlah posting : 159
Age : 37
Nama Club/Community : Data nama club/community, silahkan di isi
Registration date : 08.09.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: TOURING dan BAKSOS

Post by tata on Thu 01 Jan 2009, 20:38

jibriel wrote:...kalo saya lebih memilih touring jangan digabung dengan baksos karena akan terlalu ribet. konsep touring kita kan selama ini (touring= refreshing). jadi klo dibarengi dgn baksos kita akan jadi capek dan letih sekali. mengingat waktu touring kita pun selalu terbentur jadawal kerja...

Nah... PIC kenapa Question
kayanya sudah takut cape aja... kerahkan aja anggotanya terus ketuanya khan bos bisa nyuruh angkat sana-sini... hehe...

Rencana A
Idea Kalo di lihat waktunya si bisa aja, kita lihat kemungkinannya;
1. berangkat malem tiba di tempat pagi/subuh
jadi istirahat sekitar 8 jam kalo tiba jam 4.00 berarti selesai istirahat jam 12.00 tapi kenyataannya jam 10.00 sudah bangun ko...

2. siang kita koordinasi dengan RT/RW setempat yang sebelumnya sudah di jajaki di survey.
jadi kegiatan sudah diketahui warga pada jam 12.00 baksos dimulai, ini bisa bareng dengan kerjabakti masarakat setempat... yang bujang fokus ya... kerja...

terus istirahat jam 15.00 sampai 16.00 lanjut sampe jam 17.00 (berbenah...)

3. selesai magrib kembali ke barak n ramah tamah dengan RT/RW dan tokoh masyarakat setempat... sampaiselesai... Sleep

4. besok paginya kita pulang... Very Happy

Rencana B
Idea Mudanya kita hanya simbolis aja bisa ko, meyerahkan sumbangan untuk sosial, misal cat atau bahan bangunan secara simbolis kita bisa meletakan batu pertama untuk pembuatan MCK dan seterusnya... Idea sunny

_________________
Profil Facebook Tata Suharta
| B6626BDV | 0811921380 |
avatar
tata
Admin

Male
Jumlah posting : 267
Age : 44
Lokasi : Bogor
Registration date : 04.09.08

Lihat profil user http://www.ibc-indonesia.org

Kembali Ke Atas Go down

Re: TOURING dan BAKSOS

Post by edorusia on Thu 01 Jan 2009, 21:39

konsep touring dan baksos sebenarnya bukan barang baru. hingga kini sudah banyak dilakukan oleh klub/komunitas motor lain. paling fenomenal, menurut sy, adalah yg digelar pulsarian saat baksos ke ujung genteng (kalau tidak salah). setelah menempuh perjalanan sekitar 200-an km, mereka menyerahkan sejumlah sumbangan baik berupa dana tunai skitar rp 13 juta dan perlengkapan sekolah.
pesan moral dari touring dibarengi baksos adalah; sebagai warga di luar kawasan lokasi touring, kita tidak hanya 'meminjam' tempat mereka untuk 'bersenang-senang'. usai kegiatan meninggalkan limbah (bisa berupa sampah fisik maupun kesenjangan sosial krn warga sekitar hanya bisa manggut-manggut melihat aneka atribut para peserta touring). nah...bila ada sedikit kepedulian kita terhadap lokasi tempat touring rasanya tidak berlebihan.
bgm dgn IBC? rasanya bisa dimulai dengan yg bersifat simple, istilahnya, sambil menyelam minum air. barangkali contoh dari bro tata bisa diadopsi yakni sekadar menyerahkan bantuan yg nominalnya tidak besar. misal, menyerahkan sejumlah cat untuk memugar pagar sekolah or musolah.
percayalah, soal keletihan akan menjadi kenikmatan ketika melihat saudara-saudara kita di lokasi touring juga ikut tersenyum atas kehadiran kita di sana. bukankah selama ini kita juga sudah berletih-letih dalam setiap touring? ingat, berat sama dijinjing, ringan sama dipikul.
salam
avatar
edorusia
Bintang Satu
Bintang Satu

Male
Jumlah posting : 586
Age : 48
Lokasi : jakarta
Nama Club/Community : Data nama club/community, silahkan di isi
Registration date : 04.09.08

Lihat profil user http://edoibc.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: TOURING dan BAKSOS

Post by bani on Thu 01 Jan 2009, 22:12

Waktu baksos itu fleksibel. Bisa panjang, bisa pendek. Tapi, kira-kira kita punya waktu antara habis sarapan (setelah bangun tidur), ada senam sedikit yang biasanya trekking ke air terjun, bisa kita pakai untuk kerja bakti atau ke lokasi baksos. Bis akasih sumbangan simbolis, atau melakukan kerja bakti atau dialog, termasuk Safety Riding goes to Karang Taruna. Kalau hari Sabtu, bisa saja datengin ke sekolahan yang dekat dengan tempat touring. POkoknya banyak hal yang bisa kita perbuat.
avatar
bani
Bintang Satu
Bintang Satu

Male
Jumlah posting : 558
Age : 54
Lokasi : DEPOK
Nama Club/Community : Independent Bikers Club (IBC)
Nomor Anggota : 004
Registration date : 04.09.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: TOURING dan BAKSOS

Post by tata on Thu 01 Jan 2009, 22:27

edorusia wrote:...soal keletihan akan menjadi kenikmatan ketika melihat saudara-saudara kita di lokasi touring juga ikut tersenyum atas kehadiran kita di sana...

Kalo aku usul untuk baksos bukan hanya di lokasi touring saja tapi di jalan yang sering kita lewati, misal jalan pintas (gang) setelah kota bunga. kondisinya sudah mulai rusak karena sering dilewati kendaraan roda dua.

Kita bisa meyumbang sedikit uang untuk membeli semen dan pasir...

atau di sekitar perumahan anggota kita seperti pembangunan/perbaikan pos ronda, sekolah, bisa juga berupa penghijauan.

Lanjut... Very Happy

_________________
Profil Facebook Tata Suharta
| B6626BDV | 0811921380 |
avatar
tata
Admin

Male
Jumlah posting : 267
Age : 44
Lokasi : Bogor
Registration date : 04.09.08

Lihat profil user http://www.ibc-indonesia.org

Kembali Ke Atas Go down

Re: TOURING dan BAKSOS

Post by bani on Thu 01 Jan 2009, 22:38

iTULAH, TUGAS PENTING BAGI TIM SURVEI. Harus mengawasi sepanjang perjalanan menuju lokasi touring. Atau lokasi touring itu sendiri sebagai ajang baksos, juga bisa. Misalnya ke pantai Karang Pocung di Kerawang/Bekasi sangat timur. Di sana kita bisa bersih-bersih pantai dan kasih cat buat ngecet gardu.
avatar
bani
Bintang Satu
Bintang Satu

Male
Jumlah posting : 558
Age : 54
Lokasi : DEPOK
Nama Club/Community : Independent Bikers Club (IBC)
Nomor Anggota : 004
Registration date : 04.09.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: TOURING dan BAKSOS

Post by indrasi on Fri 02 Jan 2009, 00:08

Huh dasar si jibriel...
maunya touring yg enak2 aja..
inget apabila hidupnya penuh dosa
sekali-sekali lah beramal..
lumayan buat nambah2in pahala....
jd di nerakanya entar gag lama2....
segala apapun resikonya itulah cara yg harus ditempuh....
bak sos adalah kegiatan positif..sy sgt setuju dengan touring baksos..
abis itu buat dosa lagi terserah...
hehehehehe... Twisted Evil Twisted Evil Evil or Very Mad Evil or Very Mad
avatar
indrasi

Male
Jumlah posting : 43
Age : 37
Nama Club/Community : Data nama club/community, silahkan di isi
Registration date : 08.09.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: TOURING dan BAKSOS

Post by jibriel on Fri 02 Jan 2009, 01:48

Touring= Refreshing
memang kita butuh berbagi, tapi klau saya berpendapat saatnya senang-senang ya senang2. saatnya berbagi ya berbagi habis-habisan.

tapi kalau tiba waktunya senang2 sambil berbagi???

(?????????????????????????????????????????????????)
avatar
jibriel

Male
Jumlah posting : 159
Age : 37
Nama Club/Community : Data nama club/community, silahkan di isi
Registration date : 08.09.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: TOURING dan BAKSOS

Post by bani on Fri 02 Jan 2009, 15:44

Di sini senang/refreshing, di sana orang kelaparan = tak punya empati, egois
Di sini senang/refreshing, di sana senang = itu harapan kita.


Tujuan bergiat di IBC itu tidak hanya ingin senang-senang sendiri, tanpa memedulikan keadaan sekitar. IBC didirikan juga dalam rangka peduli pada lingkungan. Itu sudah tercermin sejak awal IBC didirikan di Curug Nangka 29 Desember 2006, hingga sekarang.

Saat itu, Cundoko ikut touring, tapi kebetulan dia harus mengantar pulang istrinya ke Jalan Sukahati, Bogor arah Pemda Bogor di Cibinong, padahal, rute kita Jalan raya Bogor terus Warung Jambu.
Ketika itu saya usul, kita antar dulu Cundoko mengembalikan istrinya ke rumah, sekalian ngopi-ngopi.
Toh menyimpangnya juga tak jauh. Alhasil, jalur Sukahati itu malah jadi rute wajib kita ke arah Bogor.
Kita sering menjenguk kawan kita yang sakit ke rumahnya, ya sekalian jalan-jalan (refreshing): ke rumah Tya di Pulomas, Martina di Depok Timur, Bro Edo di Munjul Cibubur, Heri di Serpong, Bro Hadi di Kebagusan, melayat alm Michel Ferdin ke TPU Pondok Rangon.

Sebetulnya, Safety Riding goes to School juga bisa dikategorikan sebagai bakti sosial. Itu seperti yang ditanyakan kepala sekolah SMKN 10 di Cililitan, ke Bro Edo: buat apa dan apa manfaatnya mengadakan SRGTS? Jawabnya, KARENA KITA PEDULI.
avatar
bani
Bintang Satu
Bintang Satu

Male
Jumlah posting : 558
Age : 54
Lokasi : DEPOK
Nama Club/Community : Independent Bikers Club (IBC)
Nomor Anggota : 004
Registration date : 04.09.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: TOURING dan BAKSOS

Post by jibriel on Fri 02 Jan 2009, 18:39

kalau pernah muda (yg sebenar-benar muda) pasti paham keegoisan anak muda!!!
avatar
jibriel

Male
Jumlah posting : 159
Age : 37
Nama Club/Community : Data nama club/community, silahkan di isi
Registration date : 08.09.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: TOURING dan BAKSOS

Post by euis on Fri 02 Jan 2009, 20:09

tata wrote:Rencana B
Idea Mudanya kita hanya simbolis aja bisa ko, meyerahkan sumbangan untuk sosial, misal cat atau bahan bangunan secara simbolis kita bisa meletakan batu pertama untuk pembuatan MCK dan seterusnya... Idea sunny

Buat uji coba..kayaknya pake rencana B aja, lebih simple dan bisa mengakomodasi dua misi..ya senang-senang, ya berbagi...ini pendapat saya looo,,,,
avatar
euis

Female
Jumlah posting : 4
Age : 44
Nama Club/Community : Data nama club/community, silahkan di isi
Registration date : 08.09.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Touring and Baksos

Post by IBC-008 on Fri 02 Jan 2009, 21:24

Berdasarkan hasil polling sementara ternyata diperoleh suara mayoritas menyetujui kegiatan touring dibarengi dengan baksos
tinggal mekanisme saja

yang laen pasti mendukung kok
avatar
IBC-008

Male
Jumlah posting : 7
Age : 40
Nama Club/Community : Data nama club/community, silahkan di isi
Registration date : 04.09.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: TOURING dan BAKSOS

Post by bani on Fri 02 Jan 2009, 21:31

Lihat hasil polling, kayaknya yang nggak setuju cuma satu, he he he he.
Mau touring, mau baksos, mau SRGTS, mau apa saja di IBC ini, atur dan ikuti saja. Pasti jadi enak. Apa lagi ada pesta duren segala. Nggak rugi kan ikut IBC. Kan gak kerja sendirian. Apa lagi kita punya bos yang punya banyak peluang. Gini-gini, IBC sudah dikenal dan diperhitungkan orang. Jadi jangan takut repot.
avatar
bani
Bintang Satu
Bintang Satu

Male
Jumlah posting : 558
Age : 54
Lokasi : DEPOK
Nama Club/Community : Independent Bikers Club (IBC)
Nomor Anggota : 004
Registration date : 04.09.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

TOURING & BAKSOS

Post by bani on Sun 04 Jan 2009, 16:42

di forum ini terdapat 8 post-er. Namun baru 8 yang ikut polling tentang Touring digabung dengan Baksos. Silakan gunakan hak pilih Anda.
avatar
bani
Bintang Satu
Bintang Satu

Male
Jumlah posting : 558
Age : 54
Lokasi : DEPOK
Nama Club/Community : Independent Bikers Club (IBC)
Nomor Anggota : 004
Registration date : 04.09.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: TOURING dan BAKSOS

Post by jibriel on Sun 04 Jan 2009, 22:30

saya rasa hasil polling Touring dan Baksos sekarang ini tidak bisa jadi patokan karena jumlah anggota IBC yang aktif lebih banyak, dan yg aktif di forum ini hanya segelintir saja. masalah setuju tidak setuju itulah demokrasi dan gunanya polling. memang IBC organisasi yg bagus dan bisa makan duren, tapi saya anggota yang juga punya pendapat dan pandangan...
avatar
jibriel

Male
Jumlah posting : 159
Age : 37
Nama Club/Community : Data nama club/community, silahkan di isi
Registration date : 08.09.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: TOURING dan BAKSOS

Post by jibriel on Sun 04 Jan 2009, 22:35

ketidaksetujuan saya digabungnya baksos dan touring karena saya lebih suka touring ya touring, baksos ya baksos. MAU APA SAJA DI IBC INI, ATUR DAN IKUTI SAJA, PASTI JADI ENAK.

ORGANISASI=DEMOKRASI
DEMOKRASI=PENDAPAT
avatar
jibriel

Male
Jumlah posting : 159
Age : 37
Nama Club/Community : Data nama club/community, silahkan di isi
Registration date : 08.09.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: TOURING dan BAKSOS

Post by bani on Sun 04 Jan 2009, 23:05

Jibril baru betul. Di IBC ini, usul itu lebih sering jadi kenyataan. Sebab, kita tidak sendirian, ada kebersamaan, susah dikerjain bersama jadi senang. Bakso kalau sdipikir-pikir bikin ribet, tapi kalau dilaksanakan saja, justru menyenangkan, bisa banyak teman dan pengalaman. Baksos sambil makan duren? bisaaaaa. Tinggal atur aja. Yang susah dipermudah,.jangan yang mudah dipersulit. Jangan kayak Gus Dur, yang sulit makin membelit.
avatar
bani
Bintang Satu
Bintang Satu

Male
Jumlah posting : 558
Age : 54
Lokasi : DEPOK
Nama Club/Community : Independent Bikers Club (IBC)
Nomor Anggota : 004
Registration date : 04.09.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: TOURING dan BAKSOS

Post by jibriel on Sun 04 Jan 2009, 23:15

MAU APA SAJA DI IBC INI, ATUR DAN IKUTI SAJA, PASTI JADI ENAK.

statement di atas sangat BAHAYA!!!
avatar
jibriel

Male
Jumlah posting : 159
Age : 37
Nama Club/Community : Data nama club/community, silahkan di isi
Registration date : 08.09.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: TOURING dan BAKSOS

Post by indrasi on Sun 04 Jan 2009, 23:17

Ikutan Duoonkkksss....

Mungkin semua saran benar..dan yg gag setuju belum tentu salah..

sy punya usul gmn klu gag usah di gabungkan acaranya..
jd acara bak-sos yach 100 % untuk baksos
dan acara touring yach 100 % u/ touring...

jd mungkin positifnya kegiatan qt jd bertambah banyak dan lebih mapan dlm berorganisasi dan bersosialisasi

gimana..setuju tidak bro2 ..?????

thanks
046
avatar
indrasi

Male
Jumlah posting : 43
Age : 37
Nama Club/Community : Data nama club/community, silahkan di isi
Registration date : 08.09.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: TOURING dan BAKSOS

Post by bani on Sun 04 Jan 2009, 23:26

Prinsip di IBC itu, bebas tapi maton. Maton artinya tetap dalam koridor, tidak melenceng.
Kalau kita berpikir positif, nggak ngeres, yang semua jadi enak, terbuka. Lain halnya jika sesuatu diambil sendiri, dimakan sendiri, itu yang nggak berlaku di IBC.
Contohnya, saat Bro Edo bikin buku, kita semua dapat bagian. Kita diundang peluncurannya, ikut seminar gratis. Kalau sponsornya banyak, touring bisa saja gratis bagi anggota. Yang cari sponsor dapat komisi 20%, yang anggota menikmati gratisnya. Semua untung sesuai kontribusinya.
avatar
bani
Bintang Satu
Bintang Satu

Male
Jumlah posting : 558
Age : 54
Lokasi : DEPOK
Nama Club/Community : Independent Bikers Club (IBC)
Nomor Anggota : 004
Registration date : 04.09.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: TOURING dan BAKSOS

Post by edorusia on Mon 05 Jan 2009, 12:01

tampaknya mengerucut pada satu titik; touring sambil nyumbang, tinggal dibahas aja, nyumbang tenaga, pikiran, barang, dana, or doa. atau gabungan ke-5 nya. silakan disurvey dulu. saran sist euis cukup masuk akal. barangkali bisa didata jenis barang yang mau disumbang, misal; cat, buku/alat tulis, bola volley, net bola volley, meja pimpong, bola sepak, tong sampah, pengeras suara (misal toa untuk musholah), sembako (beras, migor, mie kemasan), atau pakaian layak pakai.
avatar
edorusia
Bintang Satu
Bintang Satu

Male
Jumlah posting : 586
Age : 48
Lokasi : jakarta
Nama Club/Community : Data nama club/community, silahkan di isi
Registration date : 04.09.08

Lihat profil user http://edoibc.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: TOURING dan BAKSOS

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik